Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztec

Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech - Suku Aztech terkenal dengan kanibalnya yang memakan sesama makhluk, contohnya seperti singa yang memakan singa. Menurut cerita dulu, suku ini berkeliling ke Lago de Texcoco terletak di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang diketahui sebagai Aztlán. Mereka dipandu dewa mereka Huitzilopochtli. Ketika tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ. Kaum Aztech membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat kota Meksiko. Burung Elang legendaris itu pun juga berada dalam bendera Meksiko.
Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech
Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech

Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak fakta apa saja yang terdapat di kehidupan suku Aztech ini. berikut Fakta Sejarah Suku Aztech

Suku Aztech Mewajibkan Anak Sekolah.
Aztech menempatkan penekanan kuat pada orang tua untuk mengajar anak-anak mereka dengan baik. Mereka juga memiliki sekolah umum wajib untuk semua anak. Kelas bangsawan memiliki sekolah yang berbeda dan sekolah juga dipisahkan berdasarkan gender. Anak laki-laki bangsawan akan dikirim ke Sekolah Calmecac dimana mereka belajar dari para imam tentang sejarah, astronomi, seni, dan bagaimana mengatur dan memimpin. 

Anak laki-laki dari kasta yang lebih rendah dikirim ke Sekolah Cuicacalli, yang jauh lebih fokus pada persiapan mereka sebagai prajurit militer . Para anak gadis dikirim ke sekolah-sekolah yang terpisah dan lebih banyak pendidikan mereka difokuskan untuk tugas domestik seperti memasak dan tenun.

Peradaban Aztech Dikalahkan oleh Penyakit, Bukan Perang.
Sementara banyak para ahli sejarah mengklaim bahwa Spanyol mengalahkan Aztech melalui kecemerlangan strategi militer, ini masih diragukan kebenarannya.

Faktanya, serangan Spanyol tidaklah benar-benar kuat bahkan mereka harus menyerang dan mundur secara tergesa-gesa. Suku Aztech benar-benar memiliki kesempatan yang cukup untuk mengalahkan Spanyol dan hampir memenangkan perang secara keseluruhan. 

Hal ini dapat dengan mudah mengatakan bahwa jika bukan karena cacar dikirim dari Eropa yang membunuh begitu banyak orang di suku mereka, (terutama para pemimpin suku), sangat tidak mungkin mereka akan jatuh ke tangan Spanyol. Jumlah kerugian yang disebabkan oleh penyakit Eropa adalah luar biasa, diperkirakan bahwa lebih dari dua puluh juta orang Meksiko meninggal dalam jangka waktu hanya lima tahun karena penyakit yang dibawa orang Spanyol.

Suku Aztech Memainkan Olahraga dan Mempunyai Kemampuan Seni Yang Artistik.
Meskipun secara umum kaum Aztech dianggap kejam, mereka adalah orang yang sangat artistik. Ini bisa dilihat dalam peninggalan berupa tembikar dan patung dan gambar yang artistik yang punya karakter tersendiri. Merancang seni untuk prajurit mereka (yang kemudian sering digunakan sebagai tato) untuk penghormatan atas prestasi mereka, mereka juga memiliki puisi untuk cinta.

Suku Aztec juga memainkan olahraga tim, khususnya permainan yang sangat populer di kalangan mereka yang disebut Ullamaliztli. Permainan menggunakan bola karet, yang merupakan konsep yang cukup canggih untuk jaman itu dan dimainkan di lapangan yang disebut Tlachtli.

Mereka memiliki sistem yang canggih untuk menulis dan menyimpan catatan. Suku Aztech memiliki bahasa mereka sendiri, dan itu disebut N'ahuatl, alfabet untuk bahasa ini adalah bentuk tulisan gambar. Pengetahuan tentang bagaimana menulis adalah sangat khusus dan sebagian besar dilakukan oleh ahli-ahli Taurat dan imam terpelajar, yang memiliki pelatihan yang dibutuhkan. 

Mereka menyimpan catatan di atas kertas yang terbuat dari kulit kayu, atau kulit rusa. Tulisan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan arang dan kemudian diwarnai dengan sayuran dan zat-zat lainnya. Mereka melakukan pencatatan pajak, catatan sejarah, berbagai informasi yang ditulis dalam hal pengorbanan agama dan upacara-upacara lainnya dan bahkan menulis puisi. Kadang-kadang mereka menempatkan tulisan-tulisan mereka bersama-sama dalam semacam buku darurat yang mereka sebut codice a.

Suku Aztech Adalah Nama Yang Diberikan Bukan Nama Asli.
Kita semua tahu suku Aztec dengan nama itu, tapi itu bukan benar-benar nama yang pernah gunakan untuk menyebut diri mereka. Orang Barat yang menjuluki mereka suku Aztec kemungkinan mengambilnya dari salah satu nama asli tempat asli suku Aztec hidup sekitar abad dua belas. Daerah itu disebut Aztlan, berada di bagian utara Meksiko. Namun, Aztec sendiri sebenarnya menyebut diri mereka sebagai Mexica, yang sebenarnya menjadi asal - usul nama mexico muncul.

Suku Aztech Memiliki Kebiasaan Pemakaman Sangat Aneh.
Kita semua telah mendengar legenda dalam hal membangun di atas sebuah kuburan Indian, tetapi Aztech sedikit peduli atas berbagai hal yang dibangun di atas kuburan mereka. 

Bahkan, suku Aztec membuat kebiasaan mengubur nenek moyang mereka tepat di bawah dan di sekitar rumah mereka. Jika ada orang Aztech yang bertubuh sangat tinggi, maka mereka umumnya dikremasi sebagai ganti pemakaman. Suku Aztech percaya bahwa kremasi akan mengubah jiwa dari prajurit yang tewas atau penguasa akan mengirim mereka langsung ke surga (versi mereka). Kadang-kadang Aztech juga akan membunuh anjing dan mengubur atau mengkremasi dengan orang sehingga bisa membimbing mereka dalam perjalanan mereka melalui akhirat.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Aztek
http://www.kaskus.co.id/thread/5125f12e5b2acfe37f000006/fakta-menarik-dari-budaya-suku-aztec-yang-jarang-diketahui
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama