Sejarah Misteri Di Balik Pukul Jam 12 Malam

Sejarah Misteri Di Balik Pukul Jam 12 Malam - Ada apa sebenarnya ketika waktu jam menunjukan tepat pukul 00.00. Sehingga kebanyakan orang yang penakut menganggap saat-saat itu adalah saat yang paling menyeramkan dari sebuah waktu tersebut. Apalagi pada malam-malam tertentu, seperti malam jumat kliwon.

Jam 12 malam, seolah disepakati sebagai jam yang paling mengerikan. Cerita misteri jam 12 malam pun banyak bertebaran di sekitar masyarakat. Terlanjur diamini dan kemudian berhasil menyugesti orang-orang bahwa hal-hal mengerikan banyak terjadi di jam 12 malam.

Banyak sudah cerita-cerita seram muncul pada jam 12 malam, misteri jam 12 benar-benar menjadi cukup eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Dari mulai kemunculan kuntilanak, pocong, genderewo, wewe gombel, tuyul, dan setan-setan lain seloah tengah malam adalah waktu berpestanya para setan.

Paradigma misteri jam 12 malam semacam ini tidak hanya terjadi pada pemikiran masyarakat Indonesia yang memang masih ortodok dan percaya pada takhayul, tetapi juga terjadi pada pemikiran orang barat yang menganggap tengah malam adalah waktunya setan berpesta.

Coba saja perhatikan film-film hantu barat, yang meneror pada tengah malam. Seolah malam adalah hal-hal berbau mistis tempat segala keburukan terjadi. Begitulah orang beranggapan bahwa tengah malam adalah tempat terjadi kutukan. Misteri jam 12 selalu menjadi tema horor yang umum.

Adegan atau scene yang paling umum adalah memperlihatkan jarum jam yang perlahan bergeser ke angka 12, lengkap dengan backsound menyeramkan semakin “memperindah” cerita-cerita misteri jam 12 malam pada film-film horor klasik.

Misteri Jam 12 Malam

Misteri jam 12 malam bukan hanya milik masyarakat Indonesia. Masyarakat luar negeri sepertinya juga setuju jika jam 12 malam dirasa memiliki aura mistis tersendiri. Anda tentu ingat dengan beberapa cerita fiktif dari luar yang selalu menyantumkan “jam 12 malam” sebagai salah satu syarat pentingnya.

Coba saja lihat kisah Cinderella, dia akan berubah menjadi miskin kembali ketika tepat pukul 12 tengah malam. Misteri jam 12 malam yang dimiliki Cinderella ini hingga kini masih terus abadi.

Diceritakan bahwa Cinderella yang cantik dan baik hati itu diubah menjadi seorang putri yang cantik oleh peri, sehingga Cinderella bisa menghadiri pesta dansa yang diadakan pangeran tampan. Tepat jam 12 malam, semua sihir yang diberikan peri tersebut hilang. Cerita Cinderella ini sebenarnya sama sekali bukan cerita hantu, yang menjadi misteri jam 12 malam dalam cerita ini adalah, mengapa sihir tersebut hanya bisa bertahan sampai jam 12 malam? Pertanyaan sederhana tersebut memberikan kesan menyeramkan kepada jam 12 malam.

Cerita lain yang menyiratkan misteri jam 12 malam adalah cerita tentang berubahnya manusia menjadi seekor serigala. Cerita manusia serigala ini bisa jadi merupakan salah satu film horor klasik yang dimiliki dunia perfilman. Dalam film tersebut si manusia serigala akan berubah menjadi serigala tepat jam 12 malam saat bulan purnama.

Ketika jam 12 malam tiba, manusia itu perlahan berubah menjadi serigala. Bulu-bulu ditubuhnya mulai tumbuh, moncong serta telinga khas serigala juga mulai muncul. Misteri jam 12 malam pada film jenis ini jauh lebih menaktukan daripada misteri jam 12 malam yang dimiliki Cinderella.

Indonesia juga tidak kalah eksis dalam menawarkan cerita misteri jam 12 malam. Sejak lama, kisah kuntilanak, pocong dan berbagai jenis hantu yang lain, termasuk kisah para peri pun terjadi pada jam 12 malam. Kemunculan makhluk-makhluk tersebut menjadi daya tarik istimewa setiap jam 12 malam tiba.

Misteri Jam 12 Malam – Kegelapan yang Misterius
Misteri jam 12 malam disebabkan mungkin karena malam selalu identik dengan kegelapan. Di saat langit menghitam dan semua menjadi bayang-bayang sehingga orang beranggapan setan akan muncul pada saat tersebut. Sah-sah saja beranggapan semacam itu karena setan menyukai kegelapan dan malam adalah saat manusia lengah. Mereka sedang tertidur dan dalam keadaan tidak sadar, maka tipu daya setan akan semakin canggih saat malam tiba.

Malam adalah tempat sugesti semesta, apalagi tepat pukul 12 malam. Ini adalah saat bergantinya hari. Waktu menunjukkan pada titik 0 dan ini waktu yang tepat untuk menyugesti manusia. Konon kabarnya, ketika waktu pada titik 0 maka emosi manusia pun pada titik nol. Kesan misteri jam 12 malam pun tidak bisa dihindarkan.

Jika emosi manusia pada titik nol maka isme apa pun akan mudah masuk pada pribadi seseorang. Oleh karena itu para dukun atau para penyihir akan meniupkan kutukannya selepas tengah malam. Dan setan-setan akan lebih senang jika bekerja di malam hari karena manusia lebih mudah diperdaya. Takheran jika misteri jam 12 malam banyak bermunculan dan selalu erat dengan gaib.

Meskipun pada dasarnya setan itu akan muncul kapan saja dan di mana saja. Mereka tidak mengenal waktu ketika menggoda manusia. Hanya malam adalah waktu tepat untuk menjerumuskan manusia pada jurang kenistaan yang paling dalam. Jam 12 malam pun menjadi waktu yang identik dengan kemunculan makhluk-makhluk gaib hingga akhirnya melahirkan sebuah cerita misteri jam 12 malam.

Coba saja perhatikan ritual-ritual gaib yang dilakukan banyak orang di berbagai belahan dunia ini. Pasti dilakukan tengah malam. Kerana malam adalah waktu yang sepi sehingga mudah untuk konsentrasi. Hampir semua makhluk sedang beristirahat saat malam kecuali para nokturnal. Ritual-ritual itu semakin menambah kental cerita tentang misteri jam 12 malam yang sudah beredar di masyarakat.

Pada saat kita sedang tertidur maka aura yang kita keluarkan cenderung lebih natural, tidak terpengaruh aura siapa pun sehingga aura dunia ini cenderung lebih tenang dan tidak kacau. Karena itu malam menjadi pilihan para setan untuk menjalankan kejahatan. Aura yang netral menyebakan mereka lebih leluasa untuk menggoda manusia. Misteri jam 12 malam selalu mengiringi setan-setan tersebut hingga terciptalah berbagai cerita hantu yang identik dengan jam 12 malam.

Maka dari itu ada sebuah kepercayaan, jika orang biasa tidur lewat dari jam dua belas malam maka dia akan sulit terkena pengaruh sihir, baik santet atau pelet. Karena jiwanya masih sadar ketika waktu menunjukan titik nol. Meskipun tidak sejalan dengan logika, cerita misteri jam 12 malam ini nyatanya tetap bertahan hingga kini.

Misteri Jam 12 Malam dan Ajaran Islam
Oleh karena itu, ajaran Islam menyuruh kita untuk bangun tengah malam dan mengucap doa dalam sholat tahajud, bukan sekadar untuk mohon minta petunjuk dan mendapat pahala tetapi juga untuk menghindar dari pengaruh sihir atau godaan setan.Untuk mengindarkan diri kita dari berbagai cerita misteri jam 12 malam.

Dan doa yang disampailan saat tengah malam biasanya lebih afdol bukan karena waktunya tetapi pada saat malam kita bisa lebih khusuk. Seperti yang saya ungkapkan tadi bahwa aura dunia sedang dalam keadaan netral sehingga doa apa pun akan mudah disampaikan.

Sebetulnya kita tak perlu takut ketika tengah malam, terhadap cerita misteri jam 12 malam, justru ini adalah kesempatan kita untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Setan tidak mungkin menggoda pada orang-orang yang dekat dengan Tuhan.

Takkan ada penampakan setan tengah malam itu hanya sebuah sugesti kita saja. Setan bisa menampakan diri kapan saja kepada kita tak perlu tengah malam. Hanya malam dijadikan keempatannya karena manusia itu takut akan kegelapan.

Sumber:
http://ormitamedia.com/misteri-jam-12-malam.html
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama