Sejarah Asal Usul Kalimat Kata Sejarah

Asal Usul Kalimat Kata Sejarah  - Mungkin sebagai ada yang tidak tahu dengan kata "sejarah", biasanya ketika kita mengerjain soal IPS pasti disana ada pertanyaan dengan mengggunakan kata "sejarah" dan ketika mempunya blog sejarah dan ingin memposting mengenai "sejarah candi borobudur" misalnya pasti menggunakan awalan kata "sejarah" iyakan.

Sebenarnya Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat dengan bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Dalam istilah-istilah bahasa Eropa, asal-mula istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.

Menilik pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama