Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon

Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon - Siapa yang tidak tahu dengan istilah emoticon. Bagi yang suka dengan sms dan chatting/messenger pasti akan menjumpai emoticon-emoticon disana. Kita tahu Emoticon berasal dari gabungan dua kata Emotion dan Icon. Artinya, emoticon merupakan icon (gambar) yang mewakili kondisi emosional seseorang. Emoticon digunakan dalam komunikasi tekstual, atau tertulis yang tidak bisa melihat langsung ekspresi orang yang sedang diajak bicara.

Dulu emoticon sudah mulai digunakan pada September 1982. Awal kisah bermula pada 19 September, di mana seorang profesor yang bernama Scott Fahlman dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengirimkan sebuah surat elektronik (email) yang pertama kali menggunakan simbol emoticon.

Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon"Saya mengusulkan penggunaan karakter berikut untuk penenda lelucon: :-) Baca dari samping," demikian pesan yang dikirimkan Fahlman seperti dilansir dari Digitalspy, Selasa (11/9/2012).

Tak lama berselang ide Fahlman pun cepat diadopsi dalam skala global, di mana banyak orang mulai menggunakan emoticon dalam setiap pesan yang dikirimkan. Saat ini perkembangan emoticon pun kian beragam, puluhan, mungkin ratusan emoticon dibuat tanpa perlu menggunakan karakter pada keyboard  digunakan untuk memberikan warna dalam pesan yang dikirimkan.

Namun sayang, Fahlman tidak setuju dengan sejumlah penambahan emoticon yang ada saat ini. "Saya pikir mereka buruk, dan merusak tantangan untuk membuat cara cerdas yang mengekspresikan emosi dengan menggunakan karakter pada keyboard standar. Tapi hal itu muncul mungkin karena saya menciptakan jenis lain dari sebuah karakter emosi," katanya pada The Independent.

Selain itu, sang profesor pun mengaku kaget ketika para pengguna komputer di seluruh dunia mulai menggunakan emoticon. Penggunaan emoticon non-digital sendiri dapat ditemui pada abad ke-19, di mana banyak orang menggunakannya dalam penulisan santai dan lucu.

Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, alat emoticon pun kian beragam dan tidak terpatok penggunaan karakter untuk mendifinisikan sebuah emosi.  Dalam beberapa aplikasi pesan misalnya, para pengguna cukup memilih sejumlah emoticon yang sesuai dengan keinginannya tanpa perlu repot mendefinisikan beberapa karakter untuk mengekspresikan emosinya.

Referensi:
http://techno.okezone.com/read/2012/09/11/55/688034/ini-dia-sejarah-penggunaan-emoticon-pada-komputer
http://blog.joshuakarsten.com/2012/09/sejarah-penggunaan-emoticon.html
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama